Mobil Terbang Akan Segera di Jual Bebas Tahun 2011


Mobilterbang yang bikin heboh akhir tahun lalu, akhirnya mendapat izinterbang dari Federasi Administrasi Penerbangan (Federal AviationAdministration/FAA) Departemen Transportasi AS. Dengan izin ini, mobilbernama Terrafugia Transition itu sudah dapat memulai produksi padamodel komersialnya.


Hanyasaja, sebelum dijual untuk umum, FAA mengharuskan beberapa perubahanpada kokpit Terrafugia demi keamanan sopir yang juga pilot mobilterbang ini. Selain itu, pengendara mobil ini harus memiliki lisensiolahraga terbang. Sopir atau pilot bisa mendapatkan lisensi ini setelahmenjalani 20 jam latihan terbang.

CEOTerrafugia, Carl Dietrich, mengatakan bahwa ini adalah terobosan dalamdunia mobilitas pribadi. “Perjalanan sekarang menjadi terintegrasi,mulai dari tanah langsung mengudara. Itulah yang diimpikan penelitipenerbangan sejak tahun 1918,” ujarnya.

Rencananya,mobil terbang yang akan dilepas ke pasaran pada 2011 ini akan dibandrolsekitar 194.000 dolar atau Rp 1,78 miliar . Di udara, Terrafugia bisaterbang hingga 115 mph atau sekitar 450 mil per jam. Sayap pada mobilterbang ini dapat dilipat sehingga dapat disimpan di dalam garasistandar.

Mobilterbang ini dirancang untuk lepas landas dan mendarat di bandarasetempat dan mengemudi di jalan mana pun. Transformasi dari pesawat kemobil mengambil pilot kurang dari 30 detik.
Terrafugiayang dilepas ke pasaran nanti akan dilengkapi fitur keamanan tambahan,seperti airbag, pelindung kokpit dan juga penyerap energi ruang hampa.

Mobilterbang ini dikembangkan lulusan MIT (Massachusets Institute ofTechnology). Hingga kini, Terrafugia hanya bisa mengangkut pilot danseorang penumpang.

Leave a comment